Profil HMPS PAI

 

 

Nama           : Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam

Ranah          : Organisasi Intra Kampus

Wilayah        : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

District          : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam merupakan organisasi intra kampus yang bergerak dalam Koridor Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan dan dalam pengawasan UIN Syarif Jakarta. HMPS PAI dibentuk sejak berdirinya jurusan Pendidikan Agama Islam di UIN Syarif Jakarta yang bertujuan memberikan wadah dan memfasilitasi kebutuhan mahasiswa yang berada dalam ruang lingkup lokal, regional serta taraf Nasional maupun Internasional.

Berawal dari kebutuhan mahasiswa yang harus mendapatkan haq-haqnya untuk terus mengasah kemauannya dalam berkarya di dunia kampus. Juga hal ini merupakan wadah untuk mahasiswa belajar berorganisasi di dalam kampus. Maka, HMPS PAI memulai dengan cara yang agamis membawa para mahasiswa/inya untuk terus aktif dan dinamis dengan predikat lulus cumlaude terbanyak. Pendidikan Agama Islam juga dapat dikategorikan jurusan dengan mahasiswa terbanyak sejak berdirinya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jumlah mahasiswa di PAI sampai saat ini yang masih aktif dalam perkuliahan 800an orang, dengan jumlah yang begitu banyak jurusan bekerja sama dengan hmj pai untuk mengelola dinamika kampus yang ada.

Setiap tahunnya HMPS PAI mengadakan pengurus yang mana ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi penerus yang ada untuk melanjutkan kepengurusan yang ada. Kenpengurusan yang HMPS PAI jalani di kepalai oleh semester 5 sebagai ketua dan semester 3 sebagai wakil ketua dilanjutkan dengan BPH dan Bidang-bidang lainnya.

Pemilihan ketua HMPS melewati ajang kontestasi yang diadakan oleh UIN dengan secara sehat, tanpa adanya kekacauan juga dapat dilakukan sistem musyawarah. Fleksibelitas yang dimiliki HMPS PAI menjadikan siapapun dapat menjadi ketua dan wakil ketua atas kepercayaan mahasiswa/i aktif program studi pendidikan agama islam.

Didalam kepengurusan periode 2020/2021 ini kepengurusan HMPS PAI telah menerima tali estafeta dari kepengurusan sebelumnya. Serah terima jabatan dilakukan sekaligus dengan pelantikan dan juga rapat kerja seluruh pengurus HMPS PAI. Abdul Kholik (ketua) dan Mustafa Kamal Al-Maraghi  (wakil ketua) periode 2019 – 2020 telah resmi menyerahkan jabatan kepada Ahmad Rafi Al-Hazmi (Ketua) dan Amin Rais (Wakil Ketua) periode 2020 – 2021.

VISI

“”Menjadikan HMPS PAI yang Komunikatif, Integratif, Teladan, dan Amanah dalam Peningkatan Mutu Intelektual Serta Moral yang Berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.”

 

MISI

  1. Peningkatan pengelolaan HMPs PAI yang komunikatif bagi seluruh masyarakat PAI.
  2. Menjalin sinergi antar organisasi kemahasiswaan dalam skala regional maupun nasional.
  3. Menjadikan mahasiswa PAI sebagai teladan dalam peningkatan mutu keilmuan bagi seluruh mahasiswa.
  4. Menumbuh kembangkan minat dan bakat setiap mahasiswa PAI yang ingin berekspresi, dengan dilandasi nilai moralitas dan intelektualitas.

 

Penjabaran Misi

1. Dalam peningkatan komunikasi antar masyarakat pai kami akan menyediakan kotak kritik dan saran untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa PAI, supaya tercipta komunikasi yang baik antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, maupun mahasiswa Dengan pengurus HMJ.

2. Dalam skala regional, kami akan membuat ruang lingkup yang lebih kecil untuk mahasiswa PAI yang mengikuti UKM dengan harapan mereka bisa menjadi tutor sebaya atau tutor untuk adik tingkat. Dalam skala nasional kami telah bekerjasama dengan (FORSIMA) Forum Silaturahmi Mahasiswa PAI Seluruh Indonesia, yang mana kami akan membuat agenda olimpiade PAI, kegiatan ini melibatkan mahasiswa pai yang berpotensi untuk berpartisipasi dengan harapan bisa membawa nama baik Prodi dan juga universitas di level nasional.

3. Untuk menjadikan mahasiswa PAI menjadi teladan bagi seluruh mahasiswa, kami akan menyediakan perpustakaan PAI di lobby Tengah lantai 3 sebagai tempat Sentral aktivitas mahasiswa PAI. Program ini dibuat untuk menghidupkan minat baca mahasiswa, tidak sampai disitu Kami juga akan membuat blog/ website yang Kami beri nama pena Ciputat untuk mempublikasikan karya tulis mahasiswa PAI.

4. Yang kami realisasikan dalam program kerja kami yakni : PAI mengabdi, PAI tanggap, PAI Bertilawah, public speaking Club, English and Arabic Club, serta beberapa kegiatan dalam bidang seni dan olahraga seperti : Hadroh, Marawis, tari futsal, badminton, dan lain-lain.

kami akan berupaya dengan sekuat tenaga dengan bantuan teman-teman semua Kami yakin dapat merealisasikan visi dan misi.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ