Nama           : Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam

Ranah          : Organisasi Intra Kampus

Wilayah        : Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta

District          : Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam merupakan organisasi intra kampus yang bergerak dalam Koridor Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan dan dalam pengawasan UIN Syarif Jakarta. HMJ PAI dibentuk sejak berdirinya jurusan Pendidikan Agama Islam di UIN Syarif Jakarta yang bertujuan memberikan wadah dan memfasilitasi kebutuhan mahasiswa yang berada dalam ruang lingkup lokal, regional serta taraf Nasional maupun Internasional.

Berawal dari kebutuhan mahasiswa yang harus mendapatkan haq-haqnya untuk terus mengasah kemauannya dalam berkarya di dunia kampus. Juga hal ini merupakan wadah untuk mahasiswa belajar berorganisasi di dalam kampus. Maka, HMJ PAI memulai dengan cara yang agamis membawa para mahasiswa/inya untuk terus aktif dan dinamis dengan predikat lulus cumlaude terbanyak. Pendidikan Agama Islam juga dapat dikategorikan jurusan dengan mahasiswa terbanyak sejak berdirinya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jumlah mahasiswa di PAI sampai saat ini yang masih aktif dalam perkuliahan 800an orang, dengan jumlah yang begitu banyak jurusan bekerja sama dengan hmj pai untuk mengelola dinamika kampus yang ada.

Setiap tahunnya HMJ PAI mengadakan pengurus yang mana ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi penerus yang ada untuk melanjutkan kepengurusan yang ada. Kenpengurusan yang HMJ PAI jalani di kepalai oleh semester 5 sebagai ketua dan semester 3 sebagai wakil ketua dilanjutkan dengan BPH dan Bidang-bidang lainnya.

Pemilihan ketua HMJ melewati ajang kontestasi yang diadakan oleh UIN dengan secara sehat, tanpa adanya kekacauan juga dapat dilakukan sistem musyawarah. Fleksibelitas yang dimiliki HMJ PAI menjadikan siapapun dapat menjadi ketua dan wakil ketua atas kepercayaan mahasiswa/i aktif jurusan pendidikan agama islam.

Didalam kepengurusan periode 2018 ini kepengurusan HMJ PAI telah menerima tali estafeta dari kepengurusan sebelumnya. Serah terima jabatan dilakukan sekaligus dengan pelantikan dan juga rapat kerja seluruh pengurus HMJ PAI. Sayyidina Luthfi (ketua) dan Yasin Hakim (wakil ketua) periode 2015 telah resmi menyerahkan jabatan kepada Muhammad Fadhlurrahman (Ketua) dan Teguh Iswanto (Wakil Ketua) periode 2016.

VISI

“Terwujudnya Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam yang Unggul, Dinamis, dan Berkarakter Islami”

 

MISI

  1. Memperkuat jalinan persaudaraan sesama mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam dengan nilai-nilai ukhuwah keIslaman dalam rangka meningkatkan komunikasi dan relasi
  2. Terjalinnya relasi antar mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam tingkat lokal, regional, dan nasional
  3. Meningkatkan tradisi intelektual mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam sebagai pelopor kedinamisan wawasan dalam kajian yang mencerdaskan
  4. Memfasilitasi potensi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui progran kerja HMJ PAI
  5. Mewujudkan mahasiswa Pendidikan Agama Islam yang kritis dan tanggap terhadap segala isu-isu global yang sedang terjadi

 

Pada penjabaran kami kali ini kami akan membahas poin yang terdapat pada kata-kata yang ada pada visi kami. “Terwujudnya Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam”, terwujudnya mahasiswa adalah tolak ukur bagi keseluruhan bukan hanya sebagian mahasiswa dalam dinamika yang terdapat di kampus UIN Jakarta. Tidak sebatas  mewujudkan sesuatu yang mana itu hanyalah sebuah proses tapi ini adalah sebagai target dan keharusan membawa seluruh mahasiswa kepada suatu komunitas dan peradaban yang baik, khusunya jurusan pendidikan agama Islam. Dinamika mahasiswa sangatlah berbeda antara satu dengan yang lainnya, maka disinilah peran kami sebagai kata penekanan mewujudkan yaitu terwujudnya dinamika yang baik menjadikan mahasiswa yang berbudi tinggi berbadan sehat berpengetahuan luas dan berfikiran bebas. Jurusan pendidikan Agama Islam adalah sebagai objek yang kami tuju, jadi yang kami maksud adalah tingkat dari mahasiswa jurusan pendidikan agama islam tidak hanya membatasi diri tertuju kepada agamis tapi kata “mahasiswa” adalah sebagai artian universal yang menjadikan mahasiswa pendidikan agama islam tidak hanya bisa memakai peci sarung mekena baca qur’an dan baca kitab, tapi mengakreditasikan mahasiswa PAI dengan selayaknya mahasiswa dengan nilai dunia dan akhirat.

Terwujudnya Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam yang Unggul, unggul dalam artian disini adalah tidak hanya terbatas pada potensi akademik maupun non-akademik namun juga unggul dalam segala hal, seperti dalam segi religiositas, kecerdasan linguistik, kecerdasan spasial, dan kecerdasan kinetik. Wawasan yang luas dan ilmu pengetahuan yang tinggi menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan, karena tentunya hal inilah yang kemudian kami harapkan  dapat menjadikan  mahasiswa PAI terus menjadi mahasiswa yang unggul. Dalam paparan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa objek pada misi kami yaitu Mahasiswa Pendidikan Jurusan Agama Islam, jadi harus terealisasi keunggulan dari kami dengan menjadikan “Ka’batul Qusshod” yaitu sebagai pusat pandangan dan menjadikan tolak ukur bagi jurusan-jurusan bahkan fakultas lainnya.

Selanjutnya visi kami adalah ‘Terwujudnya Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam yang Dinamis”. Dinamis sendiri memiliki makna penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan. Sebagai mahasiswa pada umumnya dan sebagai mahasiswa PAI pada khususnya, dinamika yang terjadi pada proses perkuliahannya pun tentu sangatlah berkembang pesat baik dalam segi wawasan maupun rule yang berlaku. Keinginan kami mewujudkan mahasiswa PAI yang Unggul pada penjabaran sebelumnya membuat kami harus menyeimbangkan segala potensi tersebut dengan perkembangan yang terjadi, sehingga terciptalah ritme yang baik yang mampu terus memberikan warna dalam setiap dinamika yang terjadi dan dapat terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Sehingga walaupun zaman terus berkembang dan menawarkan segala bentuk perubahannya, mahasiswa PAI akan tetap fleksibel masuk mengikuti alur yang terjadi.

Dan visi kami yang terakhir adalah “Terwujudnya Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam yang Berkarakter Islami”. Setelah terwujudnya Mahasiswa PAI yang unggul dan dinamis, maka perlu adanya batasan yang membentengi dua hal tersebut agar tetap berjalan sesuai dengan koridornya. Dan memang visi ini yang menjadikan visi sebelumnya yakni unggul dan dinamis berjalan dengan baik. Karena ketika sudah terwujudnya karakter yang Islami dalam diri mahasiswa, maka sifat unggul dan dinamis yang telah dimiliki mampu untuk diarahkan dengan baik kearah yang positif dan kearah kebaikan. Arah daripada berkarakter Islami sendiri mengacu pada setiap bentuk pengamalan-pengamalan yang memang sudah diperintahkan Allah swt kepada hamba-Nya dan yang telah dicontohkan oleh baginda Rasul Muhammad saw. Maka dengan ijtihad kami agar terwujudnya mahasiswa PAI yang berkarakter Islami sangatlah dibutuhkan sebagai alat yang membentengi setiap keunggulan dan kedinamisan mahasiswa PAI.

Dan untuk penjabaran misi yang pertama tentang “Memperkuat jalinan persaudaraan sesama mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam dengan nilai-nilai ukhuwah keIslaman dalam rangka meningkatkan komunikasi dan relasi”. Misi ini pun mengacu kepada sebuah harapan besar yang nantinya mahasiswa PAI dapat menjalin hubungan bukan hanya dengan jurusan lainnya yang ada di dalam fakultas tarbiyah saja, melainkan juga dapat berkomunikasi secara baik dengan mahasiswa PAI seluruh Indonesia. Namun sebelum mengarah kepada harapan besar tersebut kami berupaya semaksimal mungkin untuk mengajak seluruh mahasiswa PAI membiasakan budaya 5 S, senyum, sapa, salam, sopan, santun. 

Sendiri kami susun dengan menekankan pada asas komunikasi dan kekeluargaan, dimana kedua asas tersbut terkadang begitu mudah untuk ditinggalkan dan diabaikan. Dan dalam misi yang kami buat ini, kami yang Insya Allah diamanahkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua HMJ PAI ini tentunya mempunya tanggung jawab sebagai fasilitator dalam segala hal yang kami ingin tuju bersama-sama seluruh mahasiswa PAI.

Demikian penyusunan esai ini kami buat dengan tulus ikhlas dan sepenuh hati semoga visi misi kami dapat membawa jurusan Pendidikan Agama Islam lebih Profesional Amanah dan Intelek (PAI). “patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh sebelum hilang sudah berganti. SIAP MEMIMPIN DAN SIAP DIPIMPIN.” Kata-kata inilah yang selalu kami ingat dan menjadi motivasi bagi kami dalam menjalani kepemimpinan kedepannya.

ولتكن الجهود منا مبذولة و لله ذاعت منا الأدعية فالنجاح لنا حقة آتية